Ekobis

Bupati Maluku Tengah Bantu Nelayan

Bupati Maluku Tengah, Ir. Abua Tausikal saat Menyerahkan Bantuan Alat Tangkap kepada para Kelompok Nelayan di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Senin, (01/04/2019)

AMBON, SPEKTRUM – Bantuan berupa alat tangkap ini diserahkan langsung oleh Bupati Maluku Tengah, Ir. Abua Tuasikal, kepada para kelompok nelayan minapolitan skala kecil di 13 Kecamatan se-kabupaten Maluku Tengah, Senin, (01/04/2019).

Bantuan berupa alat bengkel nelayan serta galangan kapal rakyat diserahkan oleh Bupati kepada para kelompok nelayan tersebar di 13 kecamatan se-kabupaten Malteng. Masing-masing kecamatan Pulau Haruku, Saparua, Saparua Timur, Amahai, Teluk Elpaputih, Tehoru, Telutih, Seram Utara, Seram Utara Timur Seti, Seram Utara Timur Kobi, Leihitu dan Leihitu Barat serta kecamatan Salahutu. Bantuan ini  bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler tahun anggaran 2018.

Di kecamatan Salahutu penyerahan bantuan dipusatkan di Desa Waai, turut disakiskan oleh pimpinan SKPD Malteng, Muspika Salahutu, para Raja se Kecamatan Salahutu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta kelompok nelayan penerima bantuan.

Bupati Malteng berharap, dengan bantuan yang diberikan ini, dapat dimanfaatkan secara baik, demi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan serta keluarga.

Bupati mengemukakan, wilayah Kabupaten Maluku Tengah termasuk kawasan penghasil produksi ikan yang bisa menyuplai kebutuhan masyarakat dan menjadi eksportir utama komoditas perikanan cukup potensial serta variatif dan prospektif.

Namun kekayaan laut yang ada di daerah ini, kata dia, belum banyak dieksploitasi dan dimanfaatkan, demi meningkatkan kesejahteraan serta taraf hidup masyarakat. Alasannya, karena terbatasnya modal, sarana prasarana perikanan, terbatasnya fasilitas transportasi dan komunikasi, serta ketersediaan sumber daya manusia yang terampil juga masih terbatas.

“Untuk itu, nelayan dituntut untuk mampu mewujudkan wilayah Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional dengan cara mengoptimalkan peran pemerintah, swasta, dan masyarakat utamanya para nelayan, serta melakukan revolusi mental berbasis kapasitas diri pada tingkat pengelola dan pelaku usaha, sehingga akan bermuara pada terciptanya konektivitas antar bidang, sektor, antara wilayah dan konektivitas secara nasional dan global,” jelasnya.

Bupati berujar, jika nelayan maupun masyarakat pesisir mampu mewujudkan semua harapan, maka tentu semua masyarakat Maluku Tengah akan mampu mewujudkan pengentasan kemiskinan.

“Saya yakin dengan dimilikinya sarana penangkapan ikan yang memadai, akan mampu memberikan kontribusi yang signiflkan bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan  nelayan serta kebutuhan masyarakat sekaligus bisa meningkatkan produksi ikan di daerah ini. demi kepentingan itu, saya berharap saudara-saudara (nelayan), dapat memanfaatkan bantuan ini secara baik,” pintanya.

Selain itu, ia meminta pimpinan dan seluruh jajaran Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Maluku Tengah, agar selalu melakukan pembinaan, pengawasan serta pemantauan secara berkala, terhadap pemanfaatan bantuan yang diberikan tersebut.

“Sehingga bisa digunakan semaksimal mungkin, agar kedepannya dapat peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan di Kabupaten Maluku Tengah,” harapnya. (S-10/S-01)

Tinggalkan Komentar