Amboina

Disdukcapil Rencana Cetak 4000 KIA

ilustrasi Contoh KIA

AMBON, SPEKTRUM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon dipastikan telah mencetak kurang lebih 4000 Kartu Indentitas Anak (KIA). Untuk tahun 2019, akan dicetak 10.000 KIA, pada sejumlah PAUD di Kota Ambon.

Menurut Plt Disdukcapil Kota Ambon, Selly Haurissa, pihaknya akan fokus melakukan pendataan pada anak di tingkat PAUD dan akan dilakukan pencetakan. Hal ini dilakukan karena dianggap cukup mudah dan gampang dalam mengoraganisirnya.

Dirinya menyampaikan cukup kewalahan karena keterbatasan personil dan sejumlah PAUD belum dapat dijingkau. Terkait dengan hal dimaksud, dia meminta agar anak yang berumur di bawah 17 tahun mesti memiliki KIA.

“Dalam kiatan dengan itu, kami cukup kewalahan karena keterbatasan personil dan sejumlah PAUD belum dapat dijingkau,” kata Pelakasan Tugas (Plt) Dinas Pencatanan Sipil dan Kepedudukan Kota Ambon, Selly Haurissa, Kamis (4/4).

Menurutnya, dengan dimilikinya KIA bagi anak di bawah usia 17 tahun, dengan mudah untuk dikontrol identitas sebagai administrasi kependudukan, khususnya di Kota Ambon.

“Ke depan dalam mengurus administrasi kependudukan seorang warga Kota Ambon, paling tidak data awal sudah ada. Inilah yang menjadi pemikiran kami melakukannya,” imbuhnya sembari menambahkan, sebelum seorang anak berusia 17 tahun nanti, dengan memiliki KIA, menjadi patokan.

Haurissa menjelaskan juga, untuk mengurus Kartu Identitas Anak atau KIA ini, para orang tua bisa dengan mudah ke Kantor Capil Kota Ambon, dengan menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua dan Kutipan Akte Kelahiran anak tersebut untuk didata untuk kemudian dicetak.

“Mudah saja mengurusnya. KTP para orang tua dibawa, kemudian kutipan Akte Kelahiran anak tersebut. kemudian didata pada petugas untuk nantinya dicetak KIA untuk anak tersebut,” akuinya. (S04)

Tinggalkan Komentar