Olahraga

Gowes Sinergitas Menyemarakan HUT Bhayangkara

Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Royke Lumowa memimpin Gowes Sinergisitas dalam rangka menyemarakan HUT Bhayangkara. Gowes Dipusatkan di Kabupaten Seram Bagian Barat, dengan Rute Pelabuhan Waipirit menuju Pulau Osi, dengan jarak tempuh sekitar 87 kilometer.

AMBON, SPEKTRUM – Program mempromosikan kepariwisataan di Provinsi Maluku, Kapolda Maluku, Irjen Pol. Royke Lumowa kini terus membantu pemerintah lewat Gowes Sinergitas ke daerah-daerah.

Kali ini, gowes dipusatkan di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dengan rute pelabuhan Waipirit menuju Pulau Osi, dengan jarak sekitar 87 kilometer.

Selain mempromosikan pariwisata, Gowes tersebut dilakukan Jenderal Polisi dua bintang ini, dalam rangka mempererat sinergitas TNI/Polri di Maluku sekaligus menyemarakan HUT Bhayangkara ke-73, pada 1 Juli mendatang.

“Bukan saja mempererat soliditas TNI/Polri, Gowes Sinegritas ini juga untuk menyemarakan hari Bhayangkara ke 73. Selain itu juga bertujuan mempromosikan pariwisata di Maluku. Salah satunya Pulau Osi, di SBB ini. Maluku kaya wisata, tapi banyak belum tahu. Gowes yang kita lakukan ini tujuannya itu (promosi wisata Maluku),” kata Royke, kepada wartawan di Piru, SBB kemarin.

Dikatakannya, gowes merupakan olahraga yang sangat sederhana, murah serta miliki banyak peminat termasuk masyarakat.

“Gowes ini banyak digemari oleh masyarakat, dan banyak kalangan. Nah, disitulah cara cepat dan mudah untuk mempromosikan wisata kita ini,” tuturnya.

Mantan Kakorlantas Polri ini menyebutkan, peserta yang dilibatkan dalam kegiatan goes tersebut berjumlah sekitar 100 orang.

“Kita libatkan TNI baik AD, AL, dan AU sekitar 40 orang yang dipimpin pak Kasdam Brigjen TNI Asep  Setia Gunawan, Polri 50 orang dan masyarakat 10 orang. Masyarakat ini didalamnya ada goeser nasional juga, sehingga tidak sia-sia kita promosikan daerah ini,” paparnya.

Alumni Akpol 1987 ini menambahkan, dirinya akan terus melakukan kegiatan goes di seluruh wilayah Maluku. “Sebelumnya, kita sudah lakukan goes di sejumlah kabupaten. Mungkin MBD, Malra dan Aru yang belum, tapi kedepan kita akan buat biar orang bisa tahu daerah ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI, Asep Setia Gunawan mengatakan, goes merupakan olahraga murah meriah namun sangat menyehatkan.

“Kita dukung terus langkah pak Kapolda dan Pemerintah untuk sama-sama membangun Maluku, lewat gowes ini. Gowes ini mudah, meriah dan sangat menyehatkan sehingga siapapun bisa bergabung dan ikut,” akui Asep.

Untuk medan sendiri ia mengungkapkan, 87 kilometer merupakan jarang yang cukup bagus bagi para goeser. “Medannya mantap, karena ada tanjakan dan turunan kemudian para goeser juga senang karena bisa menuju lokasi wisata,” ucapnya.

Kegiatan gowes di SBB ini, diakhiri dengan bhakti sosial berupa pengobatan dan pemeriksaan gratis oleh Polda Maluku, kepada masyarakat di Pulau Osi, SBB.

“Selain pengobatan dan pemeriksaan kesehatan, juga dilakukan penanaman puluhan anakan pohon mangrove, serta penyerahan bantuan kepada masyarakat berupa alat olahraga,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol.Moh Roem Ohoirat. (S-01)

Tinggalkan Komentar