Lintas Maluku

Idul Fitri, 127 Napi Dapat Remisi

AMBON, SPEKTRUM – Sebanyak 127 narapidana (napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas II A Ambon, Rabu (5/06/2019), mendapat pengurangan masa hukuman atau remisi bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019. Satu orang diantaranya yakni Adiatman dibebaskan.

Penyerhan remisi berlangsung di ruang Aula usai pelaksanaan sholat Ied.
Pemberian remisi dilakukan oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Kanwil Hukum HAM Maluku, Aji Taha secara simbolik kepada dua orang napi mewakili 126 napi lainnya. Sekaligus membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna Laoly.

“127 napi mendapatkan remisi khusus pemotongan masa tahanan atau RK-I, dengan pemotongan masa tahanan rata-rata satu bulan, sedangkan yang mendapatkan RK-II langsung bebas hanya seorang atas nama Adiatman, namun yang bersangkutan masih ditahan selama tiga bulan karena belum membayar denda,”ujar Humas Kantor Wilaya Hukum dan Ham Maluku, Rudi kepada wartawan, kemarin.

Dalam sambutannya, Yasona meminta kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan untuk terus berperan aktif dalam mengikuti segala bentuk program pembinaan dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

“Dan kepada seluruh jajaran petugas Pemasyarakatan diminta untuk selalu melakukan interaksi dan komunikasi yang baik kepada warga binaan, mengayomi mereka dengan mengedepankan semangat kebhinekaan, dan toleransi,”ujar Rudi mengutip sambutan Yasona yang dibackan, Aji Taha selaku Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Kanwil Hukum HAM Maluku.

Menurutnya, lapas dan Rutan bukanlah tempat penghukuman, melainkan tempat pendidikan.

Untuk itu, khusus kepada yang bebas, pihaknya mengucapkan selamat. Tetapi juga dingatkan agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha kuasa.

“Jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak mulia dan berbudi luhur, serta insan yang berguna bagi pembangunan,” katanya.

Untuk diketahui, jumlah Napi di Maluku yang mendapatkan remisi khusus bertepatan dengan perayaan Idul Fitri 1440 H/ 2019 Masehi sebanyak 305 orang.

Rinciannya, mereka yang mendapatkan RK-I sebanyak 304 orang dan RK-II satu orang.

Dan Lapas Kelas IIA Ambon, total 127 orang Napi.  RK-I, 15 hari : 13 orang, satu Bulan : 97 orang, satu bulan lima belas (15) hari : 10 orang, dua bulan :6 orang. RK-II hanya satu orang (1 orang).
Lapas Kelas II B Piru, total 28 orang.  RK-I 15 hari : 16 orang, satu bulan: 12 orang, bebas tidak ada. (S-01)

Tinggalkan Komentar