Metropolis

Korupsi, Lima ASN Bursel akan Dipecat

Ilustrasi. /net

NAMROLE, SPEKTRUM – Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulisa telah menandatangani Surat Keputusan  Pemecatan terhadap lima orang ASN/PNS dari 14 orang yang terlibat korupsi. Eksekusi pemecatan akan dilakukan setelah bupati tiba di Namrole, ibukota kabupaten Bursel.

 

”Sudah kita laksanakan. Jadi saat ini kita sudah punya 14 orang, yang sudah kita SK. Yang SK sudah ditandatangani oleh pa Bupati ada lima orang,” demikian diungkapkan oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Bursel A. M. Laitupa kepada wartawan di Namrole, Jumat (10/5).

Sekda menjelaskan, baru 5 SK pemecatan orang yang ditandatangani pihaknya. Sedangkan masih tersisa ada 9 orang yang nantinya beberapa hari ke depan, Bupati setelah datang, akan kumpulkan dan memanggil mereka untuk memberikan penjelasan, bahwa hal ini adalah ketentuan yang harus dilakukan eksekusi.

 

Ditanya nama-nama lima orang ASN tersebut, Sekda menyebut, salah satunya adalah mantan Kadis Kehutanan, Abubakar Masbait, dan sisanya Sekda mengaku lupa nama-nama mereka.

 

”Saya pikir-pikir, tapi yang jelas SK-nya sudah kami sampaikan ke Menpan, BKN dan Gubernur juga sudah disampaikan,” timpalnya.

 

Dia mengakui, sampai saat ini ASN yang akan dipecat karena kasus korupsi itu masih aktif sampai sekarang. “Kita tetap jalan (eksekusi pemecatan). SK-nya sudah saya siapkan semua,” akuinya.

 

Sekda mengaku Pemda Bursel tidak tega memecat mereka (ASN korup), namun karena sudah menjadi perintah aturan, sehingga harus harus dilaksanakan.

 

”Kalau tidak diselesaikan, kita yang diselesaikan (pecat). Artinya, kalau kita tidak selesaikan mereka secara ketentuan, ya, Bupati dan Sekda yang diselesaikan (dipecat) oleh KPK. Sebelum kita mati kan, bukan mereka mati dulu, tapi kita selesaikan dulu,” ujar Laitupa. (S-01/MG-08)

 

Tinggalkan Komentar