Berita Utama

Proyek Bing dan Jery Didalami KPK

Ilustrasi

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap puluhan kontraktor terkait gratifikasi proyek infrastruktur di Buru Selatan 2011-2016,  Komisi Pemberantasan Korupsi juga akan mendalami fisik proyek.

AMBON, SPEKTRUM – Temuan sementara lembaga anti rasuah, ada dua kontraktor pekerjaan proyeknya mangkrak. Mereka, adalah Jery atau biasa disebut Jery Namlea, dan Benny Tanihatu alias Bing. Dua kontraktor ini mengerjakan dua gedung dengan nilai miliaran rupiah.

Dari berbagai dokumen yang ditemukan Spektrum, Jery pernah diperiksa terkait pembangunan gedung serba guna di Pemerintah Kabupaten Buru Selatan. Namun dia berhasil lolos. Hal berbeda terkait dengan proyek milik Bing yang hingga sekarang mangkrak.

Proyek ini tak selesai, padahal dikerjakan dengan anggaran miliaran rupiah. Hanya saja tak pernah disentuh oleh aparat penegak hukum.

Kini KPK mulai mendalami proyek-proyek ini. Termasuk sejumlah proyek lainnya. Karena itu, dalam pemeriksaan pekan kemarin, KPK meminta para kontraktor yang diperiksa untuk membawa dokumen lelang dan penetapan pemenang proyek selama periode 2011-2016.

Sementara itu, terungkapnya aliran gratifikasi terhadap Bupati Buru Selatan Tagop Soulisa juga didasarkan penyelidikan KPK terkait dengan 36 rumah kontrakan miliknya di Tangerang Selatan, Provinsi Banten.Temuan KPK ini tak disengaja.

Dalam operasi Satuan Polisi Pamong Praja Tangsel, mereka menyegel kos-kostan milik Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa pada 4 Januari 2019 lalu.

“Informasinya milik Tagop Soudarsono Soulisa, Bupati Pulau Buru Selatan,” ungkap Kabid Penindakan Perundang-undangan Satpol PP Tangsel, Oki Rudianto seperti ditulis OkeZone.com. Penyegelan dilakukan karena bangunan ini tak mengantongi IMB. (TIM)

 

Tinggalkan Komentar